Kamis, 12 Oktober 2017

Trik Mudah Atasi Pegal-Pegal Saat Kamu Hamil

Trik Mudah Atasi Pegal-Pegal Saat Kamu Hamil

Kehamilan bisa membuat tubuhmu mengalami pegal-pegal. Area yang dapat mengalaminya bisa terjadi pada satu bagian saja, seperti punggung, atau bisa bersifat menyeluruh.
Pegal-pegal yang kamu alami merupakan salah satu keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil. Ini terjadi karena tubuhmu sedang mempersiapkan diri untuk persalinan, bisa juga karena perubahan hormon, pertambahan berat badan, perkembangan bayi, stres, atau perubahan postur tubuh. Pegal-pegal juga bisa menimpa ketika kamu mengalami flu saat hamillho!

Rasa pegal-pegal saat hamil bisa dirasakan di kaki dan punggungmu. Itu terjadi karena keduanya harus menopang tubuhmu yang sedang berbadan dua. Kamu juga harus hati-hati saat mengangkat barang dan berolahraga, karena hormon yang diproduksi tubuh saat hamil bisa membuat ligamenmu menjadi kendur untuk persiapan proses melahirkan. Nah, hal ini bisa membuat ligamen mudah terluka, dan paling sering menimpa ligamen di area punggung.
Area punggung bagian bawah, bokong, panggul juga mungkin dapat mengalami pegal-pegal. Ini terjadi karena perubahan hormon dan tubuhmu sedang menyesuaikan diri terhadap pembesaran perutmu.

Begini Cara Mengatasinya

Jika kamu hanya merasakan pegal-pegal tanpa disertai gejala lain, kamu bisa mengatasinya dengan mandi air hangat. Selain meredakan pegal-pegal, mandi air hangat juga bisa memperlancar peredaran darah dan memberikan kehangatan yang bisa membuatmu merasa rileks.
Kamu mungkin beranggapan, apabila sedang pegal maka lebih baik untuk tidak menggerakkan tubuh. Tapi itu tidak selamanya benar. Tubuhmu yang pegal ternyata bisa, lho, diatasi dengan berolahraga seperti peregangan tubuh, berenang, dan yoga. Namun, jangan berlebihan saat melakukan aktivitas fisik ini, yah. Jika sebelum hamil kamu jarang berolahraga, maka disarankan untuk memulai olahraga dengan durasi 10 hingga 15 menit, dan kemudian tingkatkan perlahan-lahan menjadi 30 menit tiap harinya.
Trik mudah lainnya yaitu dengan memijat tubuhmu. Pijatan ini mungkin bisa meredakan pegal-pegal yang kamu rasakan. Kamu bisa mendatangi tempat pijat khusus ibu hamil atau untuk praktisnya kamu dapat meminta suamimu untuk memijat tubuhmu. Sebagai contoh, dia bisa memijat bagian punggungmu. Cara melakukan pijatan pada punggung ibu hamil bisa dilihat di artikel ini “Tips Buat Suami: Begini Cara Memijat Istrimu yang sedang Hamil”.
Penggunaan korset hamil juga bisa, lho, mengatasi masalah ini. Biasanya, korset kehamilan berguna jika kamu sering melakukan aktivitas dengan berdiri.
Mengonsumsi obat-obatan penghilang rasa sakit seperti Acetaminophen (Tylenol) juga dapat kamu lakukan. Obat ini aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, sebelumnya kamu harus tetap mengonsultasikannya terlebih dahulu ke dokter.
Pastikan kamu tidur dengan cukup agar otot-ototmu menjadi rileks dan rasa pegal pun menghilang.
Jika kamu mengalami pegal-pegal yang disertai gejala lain seperti ruam atau demam, kamu bisa segera menanyakannya ke dokter.

Tidak ada komentar: